MI TARBIYATUL ISLAMIYAH WINONG GELAR RAMADHAN FEST

WINONG,02/04/2024_MI Tarbiyatul Islamiyah Winong, Pati, Jawa Tengah, mengadakan Ramadhan Fest mulai tanggal 28 Maret sampai dengan 5 April 2024. Tahun ini, Ramadhan Fest mengusung tema “Membangun Karakter Islami yang Disiplin dan Berakhlakul Karimah Menuju BERDIKARI Madrasah”. Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memeriahkan bulan Ramadhan dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa-siswi.

Dalam sambutannya, Bapak Joko Siswanto, S.Pd.I, Kepala MI TARIS Winong menyampaikan bahwa Ramadhan Fest merupakan ajang bagi siswa-siswi untuk menunjukkan bakat dan kreatifitas mereka. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kecintaan siswa-siswi terhadap bulan Ramadhan dan ajaran Islam.

Beliau juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Harapannya, acara ini bisa diagendakan setiap tahun dan bermanfaat bagi seluruh siswa-siswi MI Tarbiyatul Islamiyah Winong.

RANGKAIAN ACARA RAMADHAN FEST

Ramadhan Fest MI Tarbiyatul Islamiyah Winong dilaksanakan selama 6 hari dengan berbagai kegiatan, antara lain:

·       Kajian Materi Keagamaan dan Implementasinya

          Ramadhan Fest MI TARIS Winong merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan implementasi nilai-nilai keagamaan bagi para siswa. Kajian materi keagamaan dilaksanakan pada hari ke-1 dan ke-2 yang menjadi salah satu komponen penting dalam Ramadhan Fest ini.

Materi kajian yang disampaikan dalam Ramadhan Fest ini diantaranya materi Thaharah, wudlu dan shalat. Selain itu juga membahas tentang tata cara ibadah di bulan Ramadhan, seperti shalat tarawih, tadarus Al-Quran, zakat fitrah, dan lain sebagainya.

Setelah materi selesai, para siswa mempraktekkan secara langsung apa yang telah mereka pelajari didampingi bapak ibu guru.

·       Lomba – lomba Keagamaan

Para siswa mengikuti perlombaan yang berkaitan dengan materi keagamaan, seperti lomba hafalan doa-doa, menggambar & mewarnai, merangkai & menghias lampion dan lain sebagainya.

·       Kultum Ramadhan

Dalam kegiatan ini, dihadirkan penceramah agama ternama untuk memberikan tausiyah kepada siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 6.  Beliau, Bapak Muhammad Zubaedi, S.Pd.I menyampaikan bahwa Ramadhan Fest MI TARIS Winong ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan para siswa-siswi terhadap Allah SWT.

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, kita semua diharapkan untuk lebih meningkatkan ibadah dan amalan shaleh. Kita juga diharapkan untuk lebih memperbanyak membaca Al-Qur'an, melakukan salat tarawih, dan bersedekah.

·       Pentas Seni

Pentas seni Ramadhan Fest MI TARIS Winong diharapkan dapat menjadi acara yang meriah dan bermanfaat bagi seluruh peserta. Acara ini juga diharapkan dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kreativitas dan bakat siswa, serta mempererat tali silaturahmi antar siswa, guru, dan wali murid. Siswa-siswi menampilkan pentas seni Islami seperti nasyid, tongtek, tari Islami, dan drama. Mereka mengikuti pentas seni ini dengan antusias sekali.

·       Pesantren Ramadhan

Ramadhan Fest MI TARIS Winong menghadirkan Pesantren Ramadhan (Pesantren Kilat) sebagai salah satu program unggulan untuk mengisi bulan Ramadhan 1445 Hijriah. Diikuti oleh seluruh siswa kelas 5 dan 6 MI TARIS Winong, Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dengan bermalam di madrasah (mabit).

Pesantren Ramadhan MI TARIS Winong dikemas dengan berbagai kegiatan yang menarik dan edukatif, diantaranya Tadarus Al-Qur'an, kajian Islam/materi keagamaan, sholat berjamaah, berbuka dan sahur bersama, qiyamul lail dan sebagainya.

Ramadhan Fest MI TARIS Winong menjadi momen berharga bagi para siswa untuk memperdalam ilmu agama dan memperkuat iman di bulan Ramadhan. Pengalaman ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mereka untuk menjadi generasi yang berakhlak mulia dan berprestasi di masa depan.

Dengan demikian, kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi para siswa-siswi untuk belajar dan memahami nilai-nilai Islam dengan lebih baik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

PELATIHAN WEB-BASED PENGELOLAAN PEMBELAJARAN

CONTOH TEKS MC PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 2022