SELAMAT DATANG PESERTA DIDIK BARU

 

Salam silaturrahim teriring doa semoga segala aktivitas kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Selamat datang dan selamat bergabung Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024 bersama kami di MI TARIS Winong “BERDIKARI” (Berkah, Disiplin, Kreatif, Amanah, Ramah dan Inovatif).


VISI, MISI, MOTTO, TUJUAN DAN PROGRAM UNGGULAN

 

VISI MADRASAH

Beriman, Berprestasi, Berbudi, Peduli, Berinovasi, Mandiri dan Qur’ani ”

 

MISI MADRASAH

·    Memberikan keteladanan pada siswa dalam bertindak, berbicara, beribadah yang sesuai dengan Al Qur’an dan Hadist, dan pembiasaan hidup sesuai dengan ajaran Ahlu Sunnah Wal Jamaah.

·   Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan.

·   Menumbuhkan Pengetahuan, Penghayatan, dan Pengamalan terhadap ajaran Al Qur’an dan Hadist agar menjadi manusia yang sholih dan sholihah.

·   Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan efektif sehingga setiap siswa bisa berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimiliki.

·     Menumbuhkan semangat Ukhuwah Islamiyah secara intensif kepada seluruh komponen Madrasah.

·   Mendorong dan membantu para siswa untuk menggali potensi dirinya sehingga dapat berkembang secara optimal.

·  Membekali dan menyiapkan siswa memiliki pengetahun dan keterampilan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan  yang lebih tinggi.

·     Mendorong kemandirian siswa untuk dapat menghadapi tantangan global.

 

MOTTO MADRASAH

BERDIKARI (Berkah, Disiplin, Kreatif, Amanah Ramah dan Inovatif)


TUJUAN MADRASAH

 

·   Menyelenggarakan pendidikan yang bernuansa Islami serta memberikan landasan moral etis dalam pengembangan IPTEK dan pencerahan IMTAQ;

·      Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa;

·      Meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;

·      Mempersiapkan pelajar muslim yang berakhlak karimah, cerdas, terampil dan berkualitas;

·    Mempersiapkan siswa agar mampu bersaing secara global dan hidup berdampingan dengan bangsa lain;

·     Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat siswa melaui layanan bimbingan dan konseling serta kegiatan ekstrakulikuler;

·    Terwujudnya peserta didik yang berkepribadian Islami baik di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah;

·     Terwujudnya peserta didik yang peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan;

·  Terwujudnya proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan, dan Islami (PAIKEMIS);

 

PROGRAM UNGGULAN

Program prioritas/keunggulan madrasah merupakan rumusan konsep atau ide madrasah yang menggambarkan keunggulan atau ciri khusus berbasis kearifan lokal maupun global, sehingga memunculkan prioritas program inovasi yang dijalankan madrasah dalam meningkatkan mutu dan daya saing melalui pengembangan karakter, literasi, kompetensi.

Tahfidzul Qur’an dan Sains menjadi program unggulan di madrasah kami. Sebelum tahfidzul qur’an diajarkan sebagai awal/dasar adalah pembelajaran TPQ terlebih dahulu terkait dengan makhorijul huruf dan tajwidnya, kemudian dilanjutkan dengan program Tahfidzul Qur’an (Kelas 1, 2 & 3 TPQ dilanjutkan kelas 4, 5 & 6 Tahfidzul qur’an).

Tehnik pelaksanaan program unggulan tahfidz diampu langsung oleh tenaga pendidik yang spesialis tahfidz (hafidz/hafidzah). Satu dewan guru mengampu kurang lebih 12 peserta didik dengan metode pembelajaran model murojaah dan setoran masing-masing peserta didik.

Sains menjadi program unggulan juga di madrasah kami dengan cabang ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dengan diberikan materi tambahan sesudah jam pelajaran berlangsung dengan bekerja sama dengan pihak ketiga yang spesialis menangani dalam hal itu. Hal ini dengan maksud dan tujuan, selain peserta didik cakap dalam ilmu agama diharapkan pandai juga dalam mempelajari pengetahuan umum, dan menjadi peserta didik yang sholih sholihah sehingga tercapai misi madrasah yaitu Beriman, Berprestasi, Berbudi, Peduli, Berinovasi, Mandiri dan Qur’ani ”.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

PELATIHAN WEB-BASED PENGELOLAAN PEMBELAJARAN

CONTOH TEKS MC PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 2022