PENTINGNYA PUBLIKASI ILMIAH BAGI GURU

           


 Mengacu pada Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 dijelaskan pada pasal 1 ayat 1 bahwa guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Kemampuan melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab guru merupakan sebagian dari kompetensi profesionalisme guru.

Untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab di atas, seorang guru dituntut memiliki beberapa kemampuan dan keterampilan tertentu. Kemampuan dan keterampilan tersebut sebagai bagian dari kompetensi profesionalisme guru. Kompetensi merupakan suatu kemampuan yang mutlak dimiliki oleh guru agar tugasnya sebagai pendidik dapat terlaksana dengan baik.

Sejalan dengan hal di atas, seorang guru harus terus meningkatkan profesionalismenya melalui berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran maupun kemampuan lain dalam upaya menjadikan peserta didik memiliki keterampilan belajar, mencakup keterampilan dalam memperoleh pengetahuan (learning to know), keterampilan dalam pengembangan jati diri (learning to be), keterampilan dalam pelaksanaan tugas-tugas tertentu (learning to do),  dan keterampilan untuk dapat hidup berdampingan dengan sesama secara harmonis (learning to live   together).

Guru pada zaman sekarang ini dituntut lebih  profesional, lebih handal, lebih kompeten. Itu sudah menjadi tuntutan masyarakat modern, maka wajar dan pantas bahwa sekarang ini menulis bukanlah hal yang asing bagi guru. Diantaranya dalam bentuk publikasi ilmiah, yakni merupakan sarana untuk meningkatkan  kemampuan guru dalam pengembangan profesi  mereka lebih maju. Publikasi ilmiah dapat dimaknai sebagai upaya untuk menyebarluaskan suatu karya pemikiran atau gagasan  seseorang atau sekelompok orang dalam bentuk ulasan ilmiah dan  laporan penelitian baik yang sederhana seperti Penelitian Tindakan Kelas dan juga penelitian yang lebih kompleks, makalah, buku atau artikel.

Publikasi ilmiah yang dilakukan guru pada dasarnya merupakan  wujud dari profesionalisme guru. Di MI Tarbiyatul Islamiyah ada beberapa pendidik yang memiliki ketrampilan dalam bidang tulis menulis, diantaranya berhasil membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), artikel, jurnalistik dan lain-lain. Diantara pendidik di MI Tarbiyatul Islamiyah Winong yang dimaksud yakni :

1. Zulfatun Khasanah, S.Pd.I
    Judul :
2. Ahmad Saifuddin, S.Pd.I
    Judul :
3. Diyan Maisaroh, S.Pd
    Judul :

Komentar

  1. Semoga berkah ilmunya, sukses slalu

    BalasHapus
  2. Anonim11.54.00

    Barakallah, terima kasih ilmunya.

    BalasHapus
  3. Anonim11.58.00

    👍👍Terimakasih referensinya

    BalasHapus
  4. Anonim12.58.00

    Menginspirasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

PELATIHAN WEB-BASED PENGELOLAAN PEMBELAJARAN

CONTOH TEKS MC PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 2022